Kemampuan yang Dimiliki jQuery

Dari beberapa artikel sebelumnya, kuta sudah mengetahui apa itu jQuery. Pada postingan kali ini akan di jabarkan lagi mengenai kemampuan yang dimiliki jQuery, diantaranya:


1. Mempermudah akses dan manipulasi elemen tertentu pada dokumen.

Biasanya diperlukan baris program yang cukup panjang untuk mengakses suatu elemen dokumen. Namun, jQuery dapat melakukannya hanya beberapa barsa program saja, karena jQuery mempunyai Selector yang sangat efisien untuk mengakses suatu elemen tertentu pada dokumen selanjutnya bisa dimanipulasi sesuai dengan keinginan kita.

2. Mempermudah modifikasi / perubahan tampilan halaman web.

Biasanya, untuk memodifikasi tampilan halaman web digunakan CSS. Permasalahannya, CSS sangat dipengaruhi oleh web browser yang digunakan, sehingga sering terjadi halaman web yang dibuat sudah rapi dan bagus tampilannya di browser Mozila, namun ketika ditampilkan di Opera menjadi berantakan. Tentunya berbada dengan jQuery, jQuery dapat menyesuaikan style CSS pada semua browser, sehingga permasalahan tersebut dapat dihindari.

3. Mempersingkat Ajax (Asynchronous Javascript and XML).

Kemampuan favorit dari Ajax ahadah mampu mengambil informasi dari server tanpa melakukan refresh pada halaman web, artinya halaman web terlihat berganti secara otomatis. Apabila kita menuliskan kode Ajax secaya manual, biasanya diperlukan baris yang cukup panjang, namun jQuery dapat mempersingkatnya menggunakan Ajax call, perbandingannya 25 baris kode Ajax dapat disingkat menjadi 5 baris kode saja jika menggunakan jQuery.

4. Memiliki API (Application Programming Interface)

Dengan API, jQuery dapat memanipulasi content pada suatu halaman web, seperti mengubah teks, manupulasi gambar (resize, rotate, crop), penyusunan daftar (list), pengurutan list, paging, dan lain lain.

5. Mampu merespon interaksi antar user dengan halaman web secara lebih cepat.

6. Menyediakan fasilitas untuk membuat animasi sekelas Flash dengan mudah.

Demikianlah beberapa kemampuan yang dimiliki jQuery, apakah anda sudah tergoda untuk mempelajarinya??..  Silahkan Mencoca..

Share on Google Plus

Tentang Penulis

Beri komentar bagus dan share jika kalian suka dengan artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment