Cara Membuat Software

Cara Membuat Software - Setiap orang yang tertarik dalam mengembangkan perangkat lunak (software), seperti program editor foto, permainan, atau layanan yang lain, dan kesemuanya itu harus dimulai dengan belajar bahasa pemrograman.  Selain belajar bahasa pemrograman, langkah awal yang penting adalah memiliki rencana atau gambaran tentang apa yang Anda ingin kembangkan dari Software Anda. Misalnya, Anda memiliki rencana untuk membuat rancangan program, seperti permainan atau layanan yang lain, dan fitur-fitur yang ingin Anda sertakan didalamnya, itu juga harus Anda persiapkan.

Membuat Software membutuhkan pengetahuan dari satu atau bahkan lebih bahasa pemrograman, serta pertimbangan lainnya. Diartikel ini tidak memberikan petunjuk langkah demi langkah untuk membuat software. Dan dalam pembuatannya, semua itu tergantung pada jenis Software yang akan dibuat dan bahasa pemrograman yang digunakan untuk menciptakannya.

Memilih Bahasa Pemrograman?

Seperti kita ketahui dalam pendahuluan, ada puluhan bahasa pemrograman yang berbeda-beda. Dan untuk memilih bahasa pemrograman mana yang cocok, sehingga Anda dapat memutuskan untuk harus belajar bahasa yang akan menjadi tantangan dalam diri Anda sendiri. Terkadang, dalam membuat Software umumnya mengharuskan Anda untuk menjadi cukup mahir dalam satu atau lebih bahasa pemrograman.

Dalam menentukan bahasa pemrograman, itu semua tergantung pada jenis program atau script yang Anda ingin membuat. Sebagai contoh, Java dan Visual Basic keduanya populer karena relatif mudah dan keduanya adalah cara yang baik untuk belajar dasar-dasar pemrograman. Contoh bahasa pemrograman populer lainnya termasuk bahasa C, C ++, Pascal dan C #, yang biasa digunakan untuk membuat game, aplikasi, driver, sistem operasi, dan hampir semua program perangkat lunak yang berjalan pada komputer.

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan script dan program-program seperti forum dan layanan online, Anda bisa menggunakan bahasa Perl, PHP, dan Python, dan, HTML.

Menentuka Editor

Editor hanyalah program yang memungkinkan Anda untuk menulis kode komputer. Mulai dari yang sederhana (seperti teks editor dasar), atau bahkan anda ingin menggunakan Doftware canggih dan mahal seperti Adobe Dreamweaver dan Delphi. Tapi untungnya, program apapun dapat ditulis dalam teks editor, yang berarti Anda dapat memulai secara gratis.

Untuk pengguna Windows, Saya sarankan gunakanlah editor seperti Notepad ++ karena gratis dan mendukung sintaks. Jika Anda pemgguna Mac, Anda dapat menggunakan editor bebas yang bernama TextEdit. Kesemuanya itu baik untuk diingat bahwa bahasa pemrograman visual, seperti Visual Basic, termasuk editor dan compiler dalam tools atau alat yang sama yang digunakan untuk membuat program.

Compiler atau Penyusun

Kebanyakan bahasa pemrograman komputer adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang berarti mudah bagi Anda untuk memahami tetapi tidak mudah untuk komputer. Agar komputer bisa "membaca" program, maka program tersebut harus disusun dam memiliki penerjemah. Bahasa pemrograman adalah faktor penentu daam pembuatan Software, dan apakah Anda akan membutuhkan sebuah program pihak ketiga untuk menafsirkannya. Sebagai contoh, Eclipse adalah sebuah interpreter yang mengambil program yang ditulis di Java dan "diterjemahkan" ke dalam kode yang dapat dimengerti dan dijalankan oleh komputer. Bahasa lainnya, seperti Perl, diinterpretasikan dalam artian mereka tidak perlu dikompilasi. Bahasa-bahasa ini hanya mengharuskan mereka diinstal pada komputer atau server yang menjalankan script.
Share on Google Plus

Tentang Penulis

Beri komentar bagus dan share jika kalian suka dengan artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment